Kesehatan Kandungan

PEMERIKSAAN KANDUNGAN DI RS MUHAMMADIYAH BABAT

Ketika sedang hamil, Bunda tentunya ingin kandungan Bunda berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan sedikit pun. Untuk menjaga kehamilan agar selalu sehat, Bunda bisa melakukan check-up rutin di rumah sakit. Salah satu rumah sakit yang bisa Bunda pilih adalah Rumah Sakit Muhammadiyah Babat. Rutin cek ke dokter untuk periksa kandungan adalah hal yang penting selama kehamilan. Pemeriksaan Kehamilan atau yang juga sering disebut sebagai antenatal care, dapat membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan tubuh ibu dan janin, sehingga ia dapat mencegah hal-hal buruk terjadi pada ibu dan calon bayi. Penelitian juga membuktikan bahwa ibu yang tidak memeriksakan kandungannya berisiko tiga kali lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat rendah dan bayi lima kali lebih mungkin untuk meninggal, ketimbang bayi yang lahir dari ibu yang rutin periksa kandungan semasa hamil.

Namun, sebenarnya harus seberapa sering periksa kandungan selama sembilan bulan hamil? Pemeriksaan kandungan sangat penting bagi kelangsungan kesehatan ibu hamil dan calon bayinya. Itu kenapa Kementerian Kesehatan amat menekankan bagi setiap calon ibu dan ibu hamil untuk rutin memeriksakan kehamilannya, lewat Permenkes No. 25 tahun 2014 Pasal 6 ayat 1b. Dalam kebijakan tersebut, Kemenkes RI merekomendasikan setiap ibu hamil untuk periksa kandungan secara berkala setidaknya 4 (empat) kali. Anda dapat mulai memeriksakan kandungan segera setelah Anda tahu bahwa Anda hamil. Semakin cepat Anda mulai memeriksakan kehamilan Anda, maka semakin baik. Pemeriksaan kandungan terpadu mencakup beberapa jenis tes berbeda, yang di antaranya mencakup:

  • Cek kondisi kesehatan pribadi dan riwayat penyakit keluarga.

  • Pemeriksaan fisik dasar, seperti cek suhu tubuh, ukuran lingkar lengan atas, tekanan darah, berat dan tinggi badan, tingkat Hb, kadar protein dalam urin (tes urin), cek gula darah, hingga tes darah total untuk risiko penyakit (infeksi virus dan bakteri, serta penyakit lainnya, seperti talassemia).

  • Pemeriksaan panggul dan pap smear.

X